Tuesday, March 25, 2014

Rpp AL-qur'an Hadits kelas iv



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah                 : ………………………..
Mata Pelajaran                : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester              : IV ( Empat )  / 1  ( Ganjil )
Alokasi Waktu                 : 6 X 35 Menit
  1. A.    STANDAR KOMPETENSI
2.      Memahami arti surat-surat pendek

  1. B.     Kompetensi Dasar
2.1    Mengarti-kan surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar

  1. C.    Indikator
  • Siswa dapat Menghafalkan surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar.

  1. D.    Tujuan Pembelajaran  :
Setelah mengikuti pembelajaran diharapkan :
  • Siswa dapat Menghafalkan surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar.
& Karakter siswa yang diharapkan  : 
  • § Religius. Jujur. Toleransi. Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu. Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial,  Tanggung jawab

& Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
  • § Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Percaya diri, Keorisinilan,  Berorientasi ke masa depan

  1. E.     MATERI PELAJARAN
  • Surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar

  1. F.     METODE PEMBELAJARAN
  • Pemodelan
  • Penugasan
  1. G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/
SUMBER
WAKTU
1.
PENDAHULUAN

10 menit

Apersepsi dan Motivasi :F Salam pembuka dengan cara menyapa siswa tentang keadaan kesehatan dan kesiapan dalam menerima pelajaran hari ini
F Memberikan motifasi dan penjelasan awal tentang target yuang harus dikuasai siswa setelah belajar
F Mengadakan appersepsi melafalkan surat-surat pendek (drill)
F Membentuk kelompok kecil maksimal  2 orang anak
F Mendesain kelas dalam bentuk melingkar besar (lesehan di musola)

Teknik pembagian kelompok

2.
KEGIATAN INTI

45 menit

& EksplorasiDalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menyimak penjelasan guru tentang, surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar mulai dari identitas surat, pengertian surat, nama surat, tempat diturunkannya surat, serta ayat pertama yang dibaca dalam surat al-Fatihah
F Guru memberi contoh pelafalan surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar dengan benar dan fasih
F Siswa menirukan pelafalan surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar dengan benar dan fasih
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengulang pelafalan yang dicontohkan oleh guru tentang surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar
F Secara berkelompok siswa membaca arti kata surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar
F Bermain game mencocokkan arti kata dengan penggalan kata
F Secara berkelompok siswa mengartikan surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar dari arti kata (alafdhiyah) di kertas yang disediakan
F Mempresentasikan hasil kerja kelompoknya
F Bermain adu cepat menyusun ayat dan artinya
F Hafalan surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar dan artinya dengan benar dan fasih
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Guru, slide, tape recorderInstrumen kuis
Instrument kuis dan kartu ayat
Papan penilaian

3.
PENUTUP

5 menit

Dalam kegiatan Penutup, guru:F Secara klasikal guru mengulang kembali pelafalan surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar dan diikuti oleh siswa
F Menyampaikan tugas untuk mengulang pelafalan dan menghafalkan surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar dengan benar dan fasih dalam salat fardhu
F Memberikan penghargaan kepada siswa yang telah mendapat penilaian maksimal

Instrumen tugas individu


  1. H.    MEDIA / SUMBER
  • Depag, Al-Qur’an de-ngan terjema-hannya
  • Buku paket dan kartu ayat terjemah
  1. I.       PENILAIAN
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Religius.Jujur.
Toleransi.
Disiplin.
Kerja keras
Kreatif
Demokratif
Rasa Ingin tahu
Gemar membaca
Peduli lingkungan:
Peduli social
Tanggung jawab.

  • Menyebutkan terjemahan ayat-ayat dalam surat an-Nashr secara acak
  • Meneruskan terjemahan ayat-ayat dalam surat an-Nashr
  • Menterjemahkan surat an-Nashr secara keseluruhan
  • Menyebutkan terjemah-an ayat-ayat dalam  surat al-Kautsar secara acak
  • Meneruskan terjemahan ayat-ayat dalam  surat al-Kautsar
  • Menterjemahkan surat al-Kautsar secara keselu-ruhan
Tes tulis
Tes lisan
Tes subyekti
Unjuk prestasi
  • Sebutkan surat an-Nashr secara keseluruhan!
  • Sebutkan surat al-Kautsar secara keselu-ruhan!

&  Penilaian proses : mengamati keterlibatan siswa selama proses pembelajaran berlangsung
Nyatakan penilaian dengan angka 1-3 untuk mengukurtiap komponen sikap
positif siswa
1.   tidak positif
2.   biasa saja
3.   positif
NO.
NAMA SISWA
KEAKTIFAN
KESEDIAAN
BER KELOMPOK
SKOR
1.




2.




3.




4.




5.




dst




&  Praktek / penerapan
Nyatakan penilaian dengan angka þ pada kolom yang tersedia untuk mengukur ketepatan menulis kata dalam huruf hijaiyah lepas
J         sebagian besar salah
JJ     lebih dari separo benar
JJJ  benar semua

LEMBAR PENGAMATAN
MENGARTIKAN SURAT AN-NASHR
NAMA SISWA:………………………………                                   TANGGAL: …
NO
AYAT
LAFAL AYAT
ARTINYA
SKOR
JJJ
JJ
J
1





2





3





4





5





6





SKOR = jumlah perolehan skor    x 100
Jumlah skor total
LEMBAR PENGAMATAN
MENGARTIKAN SURAT AL-KAUTSAR
NAMA SISWA:………………………………                                   TANGGAL: …
NO
AYAT
LAFAL AYAT
ARTINYA
SKOR
JJJ
JJ
J
1





2





3





4





5





6





SKOR = jumlah perolehan skor    x 100
Jumlah skor total
Mengetahui,Kepala Madrasah



…………………………………………
NIP/NIK.

…………………… , ……………………….Guru Mapel Al-Qur’an Hadits



…………………………………………
NIP/NIK.

No comments:

Post a Comment