RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
A. Identitas
Satuan
Pendidikan : Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN)
Mata Pelajaran
: Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
Kelas/semester
: VII/I
Pertemuan
ke : V
Materi
pelajaran : Hijrah Nabi
Muhammad ke Madinah
Alokasi
waktu : 2 x
40 menit
B. Standar Kompetensi
Memahami sejarah Nabi
Muhammad SAW hijrah ke Madinah.
C. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan
sejarah Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah.
D. Indikator
1. Siswa mampu
menjelaskan pengertian tentang hijrah
2. Siswa mampu menjelaskan hijrah Nabi dan
para sahabat dari Makkah ke Madinah
3. Siswa mampu
menjelaskan hikmah atau makna dari Hijrah Nabi
E. Tujuan
Pembelajaran
Dengan metode dan
strategi yang digunakan diharapkan mampu menciptakan pembelajaran yang menarik
dan memberi kemudahan bagi siswa dalam menjelaskan serta mengetahui arti dari
hijrah, kemudian dapat menjelaskan hijrah nabi dan para sahabat dari Mekkah ke
Madinah, dan dapat menjelaskan hikmah atau dari Hijrah Nabi.
F. Karakter Siswa
yang Diharapkan
1. Hormat
2. Religius
3. Disiplin
4. Tanggung jawab
5. Teliti/ cermat
6. Aktif
7. Rasa ingin tahu
8. Tekun
9. Mandiri
10. Komunikatif
11. Demokratis
12. Percaya diri
G. Materi Pokok (terlampir)
Pengertian hijrah
Sejarah Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah
Hikmah/makna
hijrah Nabi Muhammad Saw.
H. Metode Pembelajaran
Metode Ceramah,
Walking Card, Post tes
I. Langkah-langkah
Pembelajaran
Tahapan
|
KBM
|
Nilai Karakter
|
Alokasi waktu
|
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
|||
Bagian Awal/intro
|
1. Guru Memberi salam pembuka.
2. Memimpin berdoa.
3. Guru
Menanyakan kehadiran siswa
4. Guru
mengevaluasi beberapa point materi pelajaran yang telah disampaikan pada
pertemuan sebelumnya.
5. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran (kompetensi yang akan dicapai)
6. Guru menanyakan siswa tentang lingkup materi yang akan dipelajari.
|
Menjawab salam.
Berdoa
Memberikan informasi
tentang kehadiran teman-temannya.
Siswa menjawab
pertanyaan dari guru
Siswa memperhatikan.
Siswa menjawab pertanyaan dari guru.
|
Hormat
Religius
Disiplin
Tanggung jawab
Teliti/cermat
Aktif dan rasa ingin
tahu.
|
15 menit
|
Bagian inti
a. Eksplorasi
b. Elaborasi
c. Konfirmasi
|
a.
Eksplorasi
1. Guru
menjelaskan sedikit tentang pengertian hijrah
2. Guru
memberikan penjelasan secara singkat tentang hijrah Nabi Muhammad Saw ke
Madinah.
3. Guru memberi
PR disela-sela pembelajaran inti berlangsung.
4. Guru
menanyakan kepada siswa atas apa yang sudah dijelaskan.
b.
Elaborasi
1. Guru
memberikan intruksi.
2. Guru
membagikan kartu/kertas kepada siswa.
3. Guru menyuruh
siwa menulis kalimat sesuai perintah guru.
4. Guru menyuruh
menggeser kartu ke teman disebelahnya, dan meneruskan/ menyambung kalimat
yang sudah tertulis dikertas yang berisikan saran.
5. Guru
menghentikan penulisan kalimat dan dilanjutkan membacakan di depan kelas
salah satu murid.
6. Guru
memberikan tanggapan.
c.
Konfirmasi
1. Guru
memberikan tanggapan positif sebagai penguatan dan kesimpulan dalam
bentuk lisan maupun tulisan kepada siswa.
2. Guru Memberi
motivasi kepada siswa yang kurang atau belum aktif dalam mengikuti kegiatan
belajar mengajar.
3. Guru
memberikan post tes
|
Siswa memperhatikan
dan mendengarkan
Siswa memperhatikan
dan mendengarkan
Siswa mengerjakan
tugas PR dirumah
Siswa menanggapi
Siswa memperhatikan
dan mendengarkan.
Siswa menerima
Siswa melakukan
perintah guru.
Siswa melakukan perintah.
Siswa melakukan perintah
Siswa menanggapi
Siswa memperhatikan dan mendengarkan
Siswa mendengarkan
Siswa mengerjakan
|
Rasa hormat dan
cermat
Rasa hormat dan
cermat
Mandiri dan tanggung
jawab
aktif
hormat
patuh/taat
patuh/taat dan
tanggung jawab
patuh/taat dan
tanggung jawab
Taat/patuh dan
tanggung jawab
Disiplin
Tanggung jawab
Motivasi
Tanggung jawab |
50 menit
|
Bagian Akhir/
penutup
|
1. Guru
menyimpulkan dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
2. Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
3. Guru memimpin doa dan menutup
4. Guru memberi salam penutup
|
Siswa memperhatikan
kesimpulan dan siswa bertanya
Siswa memperhatikan
Siswa berdoa
Siswa menjawab salam
|
Hormat dan
demokratis/komunikatif
Taat/patuh
Religius
Religius dan hormat.
|
15 menit
|
J. Alat dan Sumber
Belajar
1. Alat/ Media
a. White board and
spidol
b. Kertas and alat
tulis
c. Laptop and LCD
2. Sumber belajar
a. Chalil, Moenawar
. 2001. Kelengkapan Tarikh Nabi Muhammad, Jakarta : Gema Insani.
a. Hasan Ali
Al-Hasany An-Nadwy, Abul. 1989. Riwayat Hidup Rasulullah SAW.
Surabaya : Bina Ilmu.
b. file:///K:/rpp%20hijrah%20nabi%20muhammad.html, di unduh pada hari Sabtu, 20 Oktober 2012, jam 11:35.
c.
file:///K:/MAKNA%20HIJRAH%20%C2%AB%20Muhammad%20chandra%27s%20Blog.htm, diunduh pada hari Sabtu, 20 Oktober 2012 jam 11:56.
K. Penilaian
1. Tes Tulisan (Post tes) dan jawaban terlampir
Instrumesnt (Uraian) :
1. Jelaskan apa arti hijrah ? (skor 20)
2. Mengapa Nabi melakukan Hijrah ke Madinah? (skor 20)
3. Kapan hijrah nabi ke Madinah? (skor 20)
4. Siapa yang berangkat bersama Nabi malam-malam untuk hijrah ke Madinah? (skor 10)
5. Siapa pemuda Quraysi yang mengepung rumah Nabi di Mekkah? (skor 10)
6. Pelajaran apa yang dapat kalian ambil setelah belajar sejarah hijrah Nabi
ke Madinah? (skor 20)
2. Non Tes
(penilaian karakter terlampir)
Yogyakarta, 6 November 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah
Dr. Muqowim, M.Ag
NIP: 150285981 |
Guru
Umi Uswatul Khasana
S. Pdi
NIM:10411015
|
No comments:
Post a Comment